Kamis, 08 Oktober 2009

PENETAPAN TUJUAN ORGANISASI

Sebelum menentukan tujuan- tujuan terlebih dahulu harus mentetapkan misi organisasi. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi, Misi organisasi maksud khas (unik) dan mendasar yang membedakan organisasi dari organisasi lainya dan mengidentifikasikan ruang lingkup operasi dalam hal produk dan pasar.

Tujuan organisasi merupakan pernyataan tentang keadaan suatu yang tidak terdapat sekarang tetapui untuk dicapai di waktu yang akan dating melalui kegiatan- kegiatan dan mengikat sumber daya untuk jangka waktu yang panjang.

Tujuan khusus secara fungsional berdiri sendiri tetapi secara operasional terangkai dalam pemberian pedoman pencapaian organisasi.


FUNGSI TUJUAN ORGANISASI

  1. Pedoman bagi kegiatan, melalui penggambaran hasil akhir diwaktu yang akan datang. Memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus atau tidak di lakukan.

  2. Sumber legitimasi, melalui pembenaran- pembenaran kegiatannya. Akan meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan berbagai sumber daya dan dukungan dari lingkungan dari sekitarnya.

  3. standar pelaksanaan, memberikan standar langsung bagi penilaian pelaksanaan kegiatan (prestasi organisasi)

  4. Sumber motivasi, karena sering memberikan insentif bagi para anggota.

  5. Dasar rasional pengorganisasian, karena antara tujuan dan struktur organisasi saling berinteraksi dalam kegiatan- kegiatan untuk mencapai tujuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Dibelakang monitor

Foto saya
Cukup sekian dan terima kasih..