Minggu, 03 Oktober 2010

Struktur& Organisasi data 1

Dosen : Lulu Chaerani Munggaran

Nama Kelompok :
* Tri Widodo (33109091)
* Astry Nur Imaya (33109512)
* M.Lutfi Azhari (34109289)

File adalah sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan database.

• Master File merupakan file terpenting pada suatu system. Sebuah file induk merupakan file yang digunakan untuk menyelesaikan tugas pokok tertentu dan terpelihara secara teratur.

Contoh : Sistem Rumah Sakit memerlukan file induk tentang catatan pasien, catatan penyakit, disamping file lainnya.

• Transaction File merupakan file berisi informasi yang digunakan untuk memperbaharui file induk.

Contoh : rekaman tentang pelanggan yang sudah membayar tagihan listrik akan membentuk file transaksi, sekali seminggu catatan pada file transaksi digunakan untuk memperhaharui record pada file master.

Pada kesempatan kali ini kami telah mewawancarai salah seorang pegawai keuangan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kami banyak bertanya tentang system penggajian di lembaga milik Negara itu, yang menurut kami sangat berhubungan dengan system file dan jenis-jenisnya.

Menurut kami, Nama pegawai dan No.Rekening adalah contoh dari Reference master file karena berisi record yang jarang/tak berubah. Sedangkan gaji pegawai menurut kami adalah Dynamic master file, karena berisi record yang terus menerus berubah dalam kurun waktu tertentu atau berdasarkan suatu peristiwa seperti: mendapat tunjangan anak/istri, kenaikan jabatan, tunjangan kesehatan, dll.

Sedangkan potongan dan saldo akhir pegawai kami anggap sebagai transaction file karena berisi record-record yang memperbaharui/ meng-update record yang ada pada pada master file. (gambar laporan gaji)

0 komentar:

Posting Komentar

Dibelakang monitor

Foto saya
Cukup sekian dan terima kasih..